Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Sunday, November 22, 2009

Home » , » 50 Operator Siap Gelar 4G

50 Operator Siap Gelar 4G


JAKARTA - Pelan namun pasti, teknologi long term evolution (LTE) atau yang populer dengan sebutan 4G akan segera diimplementasikan kalangan operator GSM di dunia. Asosiasi operator GSM (GSMA) mencatat ada paling tidak 50 operator yang berkomitmen menggelar LTE.

''Saat ini sudah ada 56 operator yang telah menggelar jaringan HSPA+ di seluruh dunia, sebanyak 28 diantaranya telah menyediakan layanan komersial HSPA+,'' kata Direktur Teknologi GSMA, Dann Warren. Implementasi HSPA+ melempangkan jalan bagi operator untuk bermigrasi ke LTE.

Pada industri seluler, evolusi teknologi ke 3G telah membuka jalan untuk migrasi ke teknologi lain, seperti 4G. Untuk mencapai 4G, operator harus melakukan evolusi secara bertahap, misalnya dari GPRS/EDGE ke UMTS/WCDMA. Teknologi UMTS/WCDMA dikenal sebagai 3G. Dari 3G dilakukan migrasi ke HSDPA/HSUPA suatu teknologi yang dikenal dengan 3.5 G.

Dari 3.5 selanjutnya dilakukan migrasi ke HSPA+. Sebelum masuk ke HSPA+ umumnya operator mengimplementasikan HSPA dengan kecepatan hingga 21 Mbps. Di Indonesia, Telkomsel mulai mengembangkan layanan HSPA di beberapa wilayah di Jakarta, sementara Indosat tengah melakukan ujicoba.

Setelah mengimplementasikan HSPA+, operator bisa melakukan migrasi ke LTE atau 4G. Salah satu operator yang siap mengimplementasikan layanan 4G adalah NTT Docomo, Jepang. NTT Docomo menjadwalkan implementasi 4G mulai tahun 2010. Saat ini NTT Docomo bersama dengan sejumlah vendor ponsel tengah menyiapkan device untuk menikmati layanan 4G.

Warren menambahkan bahwa untuk implemntasi 4G memang ada berbagai penekatan. Ada yang melakukan migrasi dari HSPA+ ke LTE. Namun ada juga operator yang langsung melompat dri 3.5 G ke 4G. ''Pilihan yang akan diambil amat bergantung pada sejauhmana kebutuhan akan layanan mobilr broadbaand serta ketersediaan devices,''ata Warren.

Sebagaimana HSPA atau HSPA+, terdapat sejumlah peranti untuk mengakses layanan ini. Samsung, misalnya, tengah mengembangkan modem USB (dongle) untuk akses layanan berteknologi 4G.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here