Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Saturday, January 16, 2010

Home » » Sekjen PBB Berkunjung ke Haiti

Sekjen PBB Berkunjung ke Haiti

NEW YORK--MI: Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-Moon akan berkunjung ke Haiti, Minggu (17/1), untuk menunjukkan solidaritasnya kepada orang-orang yang negaranya ditimpa bencana gempa bumi itu.

Menurut pernyataan PBB, Jumat (15/1), Sekjen akan membuka upaya bantuan kemanusiaan dan meninjau langsung bencana tersebut. Moon bertemu dengan staf warga Haiti di PBB Jumat untuk menyampaikan belasungkawanya terhadap para korban.

Misi penjaga perdamaian PBB di Haiti yang tewas dalam bencana itu mencapai 36 petugas. Misi berusaha memberikan beberapa koordinasi dasar bagi upaya bantuan internasional dari satu kantor di dekat Bandara Port-au-Prince.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton juga dilaporkan terbang ke Haiti, Sabtu (16/1).

Sementara itu masyarakat internasional diimbau untuk menghapus sisa utang Haiti untuk membantu negara Karibia yang miskin itu guna membangun kembali negaranya setelah gempa pekan ini, demikian para pengkampanye pembangunan di London, Inggris, Jumat.

Kampanye Peringatan Hutang (JDC) yang mengatakan bahwa pembayaran utang dan syarat-syarat bantuan yang melumpuhkan pembangunan ekonomi negara yang miskin itu juga dikecam oleh Dana Moneter Internasional karena menambah utang Haiti pekan ini.

"Kemiskinan rakyat Haiti telah dibentuk selama berabad-abad oleh pelaku ketidakadilan negara-negara kaya dunia. Karena itu kini tiba saatnya bagi bagi kami, bagian dunia, untuk membayar utang kepada Haiti," kata direktur kampanye Nick Dearden. (Rtr/OL-01)

(Sabtu, 16 Januari 2010 : sumber)



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here