Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Tuesday, October 19, 2010

Home » » Acer Stream, Pilihan Baru Android Macho

Acer Stream, Pilihan Baru Android Macho

Pasar smartphone berbasis Android yang tumbuh pesat membuat vendor handset berlomba-lomba merilis model beragam. Namun, pilihan smartphone Android terbilang unik karena banyak yang tampil dengan model rigid, persegi, dan terkesan kaku.

Makanya, Acer pun pede mengeluarkan produk yang tampil dengan kesan jantan semacam itu pada model yang diberi nama Acer Stream. Sebelumnya, vendor asal Taiwan yang belum lama masuk bisnis smartphone itu, sudah lebih dulu merilis model Android yang "stylish" Acer Liquid E dan Acer Liquid E edisi Ferrari.

Acer Stream, Pilihan Baru Android Macho

"Kalau Liquid E dari sisi desain lebih fancy, lebih friendly. Kalau yang ini sitilahnya buat pengguna yang geeks, lebih macho lah," kata Husen Halim, Consumer Brand Manager Acer Indonesia saat memperkenalkan smartphone Acer Stream di Jakarta, Kamis (14/10/2010).

Dari segi bentuk, Acer Stream memang sekilas mirip dengan smartphone Android andalan vendor lainnya seperti buatan HTC dan Motorola. Warna hitam dengan casing logam membuatnya makin terasa mantap. Ukuran layarnya tergolong lebar dengan 3,7 inci dan menggunakan AMOLED yang menyajikan gambar jernih dengan kontras rasio hingga 10.000:1.

"Prosesornya 1 GHz merupakan yang paling tinggi di pasaran saat ini, belum ada yang lebih tinggi. Menggunakan Qualcomm Snapdragon," jelas Husen. Sistem operasinya Android 2.1 atau Eclair dan dapat di-upgrade ke Android 2.2 atau Froyo yang direncanakan akhir tahun ini. Proses komputasinya juga didukung memori RAM dan ROM masing-masing 512 MB dan memori internal NAND flash 2 GB serta memori eksternal micro SD 8 GB yang dapat ditingkatkan hingga 32 GB.

Seperti smartphone Android lainnya, Acer Stream terhubung dengan Android Market yang menyediakan beragam aplikasi yang bebas diunduh. Saat ini, tercatat tak kurang dari 140.000 aplikasi dapat dipilih pengguna baik yang gratis maupun berbayar.

User interface-nya pun tidak standar. Acer menggunakan Acer UI 4 yang dikembangkan sendiri untuk smartphone buatannya meski pengguna tetap dapat memilih untuk menggunakan user interface standar bawaan Android. UI 4 menyediakan menu cepat untuk mengakses history, file multimedia, dan 8 aplikasi favorit.

Fitur multimedia, musik dan video, menjadi andalan terbukti dengan tersedianya tombol cepat untuk mengakses multimedia, berupa tombol play, forward, dan backward. Acer Stream juga menyediakan aplikasi bawaan Musica, aplikasi untuk melacak judul lagu, sehingga pengguna tak perlu emngunduh lagi. Di layar depan (homescreen) juga ada Nemo Player untuk mengakses dan menjalankan langsung file multimedia.

Selain itu, fitur yang diunggulkan lainnya adalah kemampuan merekam video berkualitas HD 720p. Pengguna dapat memanfaatkan kamera 5 megapixelnya untuk merekam video HD tanpa batas ukuran maksimum. Hasil rekaman juga dapat langsung diputar dan ditayangkan ke layar monitor dengan kabel micro HDMI. Acer Stream diklaim sebagai smartphone pertama yang menyertakan port dan kabel micro HDMI untuk playback di layar monitor.

Sayangnya fitur ini hanya bisa terhubung dengan televisi yang telah mendukung port HDMI sehingga tidak dapat dilihat di monitor LCD konvensional atau monitor tabung. "Sasarannya memang menengah ke atas. Yang sudah menggunakan handset dengan kabel HDMI asumsinya juga sudah memiliki televisi LCD berfitur HDMI," ujar Dony Friawan, Presales Specialist Acer Indonesia. Produk yang telah tersedia di pasaran ini dibanderol dengan harga Rp 5,490 juta.

Spesifikasi Acer Stream: Prosesor: Qualcomm Snapdragon 8250, 1 GHz Sistem Operasi: Android 2.1 (Eclair) bisa di-upgrade ke Android 2.2 (Froyo) Memori: RAM/ROM 512 MB, NAND flash 2 GB, eksternal memori 8 GB (bisa di-upgrade hingga 32 GB Kamera: 5 MP Layar: AMOLED 3,7 inci Koneksi: WiFi 802.11 b/g/n, micro USB, micro HDMI, 3,5 mm jack, FM-RDS receiver, Bluetooth, GPS, HSDPA 7,2 Mbps, HSUPA 2 Mbps Baterai: Li Ion 1400 mAH aktif hingga 7 jam



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here