Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Friday, December 17, 2010

Home » » Definisi dan Pengertian Apa Itu SERP

Definisi dan Pengertian Apa Itu SERP

Pengertian Apa Itu SERP

Ketika hendak mencari suatu halaman web dengan google, seseorang akan memasukan kata kunci dan menekan tombol (search/telusuri) dan setelah itu akan tampil sebuah halaman yang disebut dengan SERPs. SERP adalah kependekan dari Search Engine Result Pages yang dalam bahasa Indonesia nya berarti Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari.

Pengertian SERP adalah halaman yang berisi hasil pencarian dari suatu kata kunci pada mesin pencari (google, yahoo, bing, dll). SERPs ini bersifat dinamis. Metode yang di pakai Mesin Pencari dalam menampilkan SERPs akan berubah dari waktu ke waktu yang menyebakan SERPs bersifat dinamis. Disamping itu, setiap mesin pencari juga mempunyai metode rahasia yang berbeda dari Mesin Pencari lainnya. Namun Mesin pencari tetap akan berusaha menampilkan hasil yang se relevan mungkin walau pada kenyataanya terkadang dengan hasil yang tidak relevan atau bahkan tidak di temukan. Mengapa bisa begitu? Lalu bagaimanakah cara mesin pencari dalam menemukan situs dan menampilkannya dalam SERP? Google yang merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan mengatakan:

"Suatu situs tidak dapat ditemukan atau tidak tampil di SERPs dikarenakan beberapa hal seperti desain web yang tidak sesuai standar w3, halaman web yang tidak terhubung baik dari link ke link di web, Situs sedang tidak tersedia untuk sementara waktu atau sedang down saat mesin pencari melakukan penjelajahan serta banyak hal lain yang menyebabkan suatu halaman web tidak dapat ditemukan dan tidak tampil dalam SERPs"

Karena sebab itulah banyak orang memakai sebuah teknik yang bernama SEO agar situs mereka dapat ditemukan oleh mesin pencari dan tampil di urutan teratas pada SERP.

sumber : yokser.com
__________________

Definisi SERP

Apa itu SERP? SERP adalah kepanjangan dari Search Engine Result Page. Untuk lebih jelasnya, saya akan sedikit mengutip pengertian SERP dari wikipedia.

"A search engine results page (SERP), is the listing of web pages returned by a search engine in response to a keyword query."

Intinya kurang lebih begini :
SERP adalah halaman hasil pencarian mesin pencari berdasarkan keyword target yang dimasukkan dan dirangking berdasarkan alogoritma yang dipakai mesin pencari yang bersangkutan.

Contohnya (saya menggunakan google indonesia sebagai contoh). Jika anda mengetikkan keyword Maria Ozawa alias Miyabi dan Tera Patrick datang bermain film di Indonesia atau Leah Dizon bakal manggung di Indonesia, maka akan ditampilkan 10 hasil pencarian yang berhubungan dengan keyword berdasarkan algoritma google.

sumber : blog.umy.ac.id/technosurvivor
__________________

Nah yang ini lebih lengkap lagi dari Wikipedia (yang bahasa inggris)

Search engine results page
A search engine results page (SERP), is the listing of web pages returned by a search engine in response to a keyword query. The results normally include a list of web pages with titles, a link to the page, and a short description showing where the keywords have matched content within the page. A SERP may refer to a single page of links returned, or to the set of all links returned for a search query.

Query caching

Actually some search engines cache SERPs for frequent searches and display the cached SERP instead of a live SERP to increase the performance of the search engine. The search engine updates the SERPs periodically to account for new pages, and possibly to modify the rankings of pages in the SERP.

SERP refreshing can take several days or weeks which can occasionally cause results to be inaccurate or out of date, and new sites and pages to be completely absent.

Different types of results

SERPs of major search engines like Google, Yahoo! and Bing may include different types of listings: contextual, algorithmic or organic search listings, as well as sponsored listings, images, maps, definitions, videos or suggested search refinements.

The major search engines visually differentiate specific content types, such as images, news, and blogs. Many content types have specialized SERP templates and visual enhancements on the main search result page.

Advertising (Sponsored listings)

SERPs may contain advertisements. This is how commercial search engines fund their operations. Common examples of these advertisements are displayed on the right hand side of the page as small classified style ads or directly above the main organic search results on the left.

How SERP entries are generated

Major search engines like Google, Yahoo! and Bing primarily use content contained within the Metadata tags of a web page to generate the content that makes up a search snippet. The title tag will be used as the title of the snippet while the most relevant or useful contents of the web page (description tag or page copy) will be used for the description. If the web page is not available, information about the page from dmoz may be used instead.

SERP Tracking
Webmasters use Search engine optimization to increase their website's ranking on a specific keyword's SERP. As a result, webmasters often check SERP's to track their Search engine optimization progress. To speed up the tracking process, programmers created automated software to track multiple keywords for multiple websites
________

Gambar-gambar tentang SERP yang saya kumpulkan (klik untuk perbesar)




_______________

Sekian info yang saya dapatkan tentang SERP, semoga dapat menambah wawasan anda-anda semua :)



Artikel Terkait:

2 komentar:

yeremia said...

jadi semuanya tergantung keywors juga bukan,mas?

anungcamui said...

sebenarnya banyak faktor juga sih yg mempengaruhi peringkat web/blog kita di google, hanya saja SERP salah satu faktor penting di mata google, ya dengan permainan keyword itu caranya

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here