Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Tuesday, March 22, 2011

Home » » Terjawab, Kenapa iPad 2 Lebih Tipis

Terjawab, Kenapa iPad 2 Lebih Tipis


Apple berhasil mengurangi ketebalan dan berat iPad generasi kedua atau lebih dikenal dengan iPad 2 secara signifikan dibandingkan iPad generasi pertama.

Pada iPad 2, Apple memangkas dimensi perangkat tersebut sehingga terlihat lebih ringkas dan tipis. Selain itu, Apple juga meminimalisir dimensi beberapa komponen kunci, terutama baterai. Demikian dituturkan lembaga riset IHS iSuppli.

Sebagaimana diketahui, Apple iPad 2 bermassa 600 gram, turun 15 persen dari massa iPad 1 sebesar 700 gram. Ketebalan iPad 2 ditemui sebesar 8,8 milimeter, turun 34 persen dari 13,4 milimeter pada iPad 1.

"Meningkatkan perhatiannya di segi desain, Apple telah merevolusi iPad pada generasi kedua. Mereka mengubah form factor produk tablet PC menjadi lebih kompetitif untuk mengurangi ketebalan dan berat iPad 2 secara substansial," kata Kevin Keller, analis prinsipal IHS iSuppli.

"Apple memang mengunggulkan sisi ketebalan sebagai titik diferensiasi iPad 2. Tablet-tablet lain yang beredar di pasar hampir semuanya memiliki ketebalan yang mirip dengan iPad 1. Sekarang mereka terlihat gemuk jika disandingkan dengan iPad 2. Hal ini bukan tidak mungkin akan mendorong rival-rival Apple melangsingkan produk tablet mereka berikutnya," jelas dia.

Kontribusi terbesar dalam ketipisan iPad 2 adalah sub-sistem baterai. Bagian ini berkurang 59 persen dari 6,1 milimeter pada iPad 1 menjadi 2,5 milimeter. "Desain baterai iPad 2 mengalami perubahan terbesar dibandingkan iPad 1," ujar Keller.

"Apple mengubah dua sel baterai tebal menjadi tiga sel baterai yang lebih tipis. Bentuknya tipis mendatar. Pada desain baru, Apple juga menghilangkan kerangka plastik yang mendukung injeksi dari sub-sistem baterai. Sebab itu, ketebalan iPad dapat berkurang drastis," imbuhnya.

Apakah pemangkasan dimensi baterai berimbas pada turunnya daya baterai? Tidak. Justru perbaikan desain iPad 2 ini memacu peningkatan hingga 15 persen di sisi daya. Ini menunjukkan bahwa usia baterai relatif terhadap massa baterai.

Berikut perbandingan ketebalan antara iPad 1 dan iPad 2:

Bagian

Selisih (dalam persentase)

iPad1 iPad2
Lapisan atas layar sentuh 0,80mm
0,60mm
25%
Lapisan layar sentuh 0,90mm
0,90mm
Gasket/Adhesive 0,10mm
0,10mm
Layar 3mm
2,5mm
17%
Clearance (jarak ruang) 1,6mm
1,3mm
19%
Baterai 6,1mm
2,5mm
59%
Enclosure 0,8mm
0,8mm
Total 13,4mm
8,8mm
34%

___________

"
Apple favor the thickness as a point of differentiation iPad 2. other tablets in the market are almost all have a similar thickness iPad 1. Now they look fat juxtaposed with IPAD 2. It is not impossible will encourage rivals Apple slimming tablets their next product, "he explained.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here