Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Sunday, November 20, 2011

Home » » Pendiri Google Kucurkan Dana untuk Wikipedia

Pendiri Google Kucurkan Dana untuk Wikipedia


Sementara WikiLeaks sulit mendapatkan dana bagi operasionalnya karena dianggap berbahaya, situs Wiki lainnya beruntung mendapat sumbangan. Wikimedia, organisasi yang mengelola situs ensiklopedia Wikipedia mendapat kucuran dana.

Sumbangan tersebut datang dari salah satu pendiri Google Sergey Brin. Dana sebesar USD 500 ribu, digelontorkan Brin melalui The Brin Wojcicki Foundation, organisasi amal yang didirikannya bersama dengan istrinya Anne Wojcicki.

Sumbangan ini memang tidak cukup memenuhi anggaran tahunan bagi operasional Wikipedia yang mencapai USD 28,3 juta. Namun sumbangan ini sangat berarti bagi Wikimedia.
"Bantuan ini merupakan dukungan penting bagi Wikimedia Foundation dan operasionalnya. Saya harap ini akan melesatkan kampanye penggalangan dana tahunan untuk Wikipedia tahun ini," kata Sue Gardner selaku Executive Director Wikimedia Foundation seperti dilansir News Factor dan dikutip detikINET, Minggu (20/11/2011).

"Beginilah Wikipedia bekerja: orang menggunakannya, mereka menyukainya dan mereka membantu pendanaan operasionalnya agar situs ini tetap gratis siapa saja di seluruh dunia. Kami sangat berterimakasih pada Sergey Brin dan Anne Wojcicki karena mendukung apa yang kami lakukan," jelasnya.

Pekan ini, Wikipedia memulai kampanye penggalangan dana tahunannya. Jimmy Wales sang pendiri Wikipedia tetap menjadi daya tarik utama kampanye ini. Selain menggaungkan kampanye ini, Wales juga terus mengingatkan bahwa Wikipedia tidak akan menampilkan iklan.

"Commerce boleh-boleh saja. Iklan juga bukan sesuatu yang jahat. Tapi kita tidak punya itu di sini. Tidak akan pernah ada di Wikipedia," kata Wales.

Itulah sebabnya, setiap tahunnya Wikipedia mengadakan kampanye penggalangan dana. Tahun lalu, kampanye ini berhasil mengumpulkan USD 16 juta. Berdasarkan data terbaru dari ComScore, Wikipedia adalah situs terpopuler kelima di dunia dengan lebih dari 470 unique visitor setiap bulannya.

sumber : detik



Artikel Terkait:

1 komentar:

serba serbi said...

jalan tempat teman $ nya nggak timbul gan

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here