Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Tuesday, May 25, 2010

Home » » Muslim Prancis Segera Miliki Masjid Agung!

Muslim Prancis Segera Miliki Masjid Agung!

Maket masjid agung Marseilles

MARSEILLE - Muslim Prancis di Marseille tidak lama lagi akan memiliki Masjid Agung. Masji tersebut merupakan yang terbesar dan lambang kebudayaan Islam di Prancis moderen.

Sehari setelah Pemerintah Prancis menyetujui larangan penggunaan cadar, tokoh Islam dan politisi Marseille justru berbangga hati setelah batu pertama diletakkan pertama kalinya, hari ini. Pembangungan dilakukan di bagian utara Kota Marseille.

Dilengkapi menara setinggi 25 meter, masjid ini cukup menampung 7.000 jamaah di dalamnya. Selain itu, masjid ini juga dilengkapi madrasah, perpustakaan, restoran, dan ruangan khusus untuk minum teh. Diperkirakan masjid ini akan rampung pada 2012 mendatang. Demikian diberitakan France24, Selasa (25/5/2010).

Umat di Marseille sudah lama memimpikan sebuah masjid dibangun di wilayah mereka. Pembangunan tempat suci umat Islam ini memungkinkan umat muslim Prancis tidak malu-malu lagi melakukan ibadah mereka.

Pembangunan masjid ini menjadi kenyataan saat 2001 silam, Wali Kota Jean-Claude Gaudin yang berasal dari Partai Sayap Kanan pimpinan Presiden Nicolas Sarkozy, mengizinkan pembangunan masjid tersebut. Tentunya izin ini mendapat kecaman keras dari pihak Partai Ultra Kanan Prancis.

Seperti halnya Sarkozy, Wali Kota Godin melihat pembangunan masjid sebagai cara umat muslim Prancis yang selama ini dianggap sebagai minoritas, dapat berintegrasi dengan warga Prancis yang dikenal liberal.

Sementara itu, Presiden Dewan Umat Muslim Prancis Mohamed Moussaoui, menyatakan, "konstruksi dari masjid agung ini akan menjadi bukti cara umat muslim Marseille untuk mempromosikan wajah asli dari Islam, yakni Islam yang bisa memberikan pencerahan".

Marseille merupakan kota terbesar kedua di Prancis. Kota ini memiliki populasi umat muslim terbesar di Prancis, yaitu sekira 250 ribu muslim dari berbagai etnis. Sementara Prancis sendiri memiliki populasi umat Muslim terbesar di Eropa yakni antara lima hingga enam juta jiwa.

Selama bertahun-tahun negeri mode ini berdebat keras sampai sejauh mana dapat mengakomodasi Islam, yang kini dianggap sebagai agama terbesar kedua di Prancis.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here