Slideshow

Artikel Terbaru

Pages

Tuesday, January 15, 2013

Home » » Hidup Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan

Hidup Tak Semudah Membalikkan Telapak Tangan


Sering kali sewaktu kecil kita bercita-cita setinggi langit, ada yang ingin jadi profesor, pilot, astronaut (salah satu cita-cita saya sewaktu kecil, hehehe), tak ada salahnya memang dan itu wajar saja! tapi pada kenyataannya didalam kehidupan, semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus ada kerja keras, kesabaran, usaha dan juga doa, terutama lagi fokus dari apa yang kita impikan, misal ingin jadi pilot... cari taulah apa-apa saja persyaratan menjadi pilot, bagaimana cara kerja mereka dan apa yang harus kita kuasai, dan juga kalau bisa punya cadangan cita-cita misal kira-kira impian pertama tidak kesampaian masilah ada harapan untuk tetap fokus pada impian dan cita-cita kedua terutama bila umur masih muda, janganlah disia-siakan hidup ini! bila tidak ingin menyesal nantinya!

Sudah banyak saya lihat, yah terutama di kota Jakarta karena saya tinggal di Jakarta, adalah orang dulu ketika muda dia senang berpesta dan sampai akhirnya terkena pengaruh narkoba, belum sampai umur 30-an sudah mati muda, ada yang dulu sewaktu saya SMA senangnya hanya bermain dan pada gaya-gayaan, jarang belajar dan pada akhirnya karena orang tuanya tak mampu membiayai mereka kuliah, akhirnya kerja dengan hanya membawa ijazah SMA dan yang didapat hanya pekerjaan yang tidak terarah masa depannya dan pada akhirnya mereka hanya menyalahkan keadaan, karena orangtua tidak mampu membiayailah, karena inilah karena itulah, tanpa mereka sadari diri merekalah yang membatasi kesuksesan mereka sendiri, sampai ada beberapa yang ketemu saya (karena sekarang saya bekerja di salah satu instansi pemerintah) dan mereka bilang "yah elo sih enak masih ada yang membiayai" atau "ortu lo sih enak ada duit" dan "bla bla bla" lainnya, padahal tanpa mereka ketahui keluarga saya pernah juga mengalami kesulitan keuangan dan hingga akhirnya selesai SMA saya ambil kuliah hanya D3 di salah satu kota kecil di pulau jawa, karena keuangan tipis hehehe dan pada saat itu saya ambil akademi manajemen informatika & komputer dengan pertimbangan bahwa di masa depan (saat itu saya lulus sma tahun 2003) orang dengan keahlian yang berhubungan dengan komputer bakal banyak dibutuhkan dan juga karena sebelumnya sempat konsultasi ke beberapa orang, pada akhirnya saya putuskan ambil kuliah yang berhubungan dengan komputer dan disana saya belajar banyak saat pisah dari ortu (karena saya kost dan kost disana murah banget bro!), saya belajar bagaimana cara menata dan mengatur kehidupan sendiri, memanajemen uang yang dikirim oleh ortu (sampe saking ngiritnya saya pernah makan cuma sekali sehari! BAYANGKAN ITU! dan mereka hanya tau saya yang sekarang tanpa tahu proses panjang yang saya jalani!), saat lagi kepepet cari duit sampingan (dengan cara halal tentunya, hehehe), pernah saat itu akhir bulan duit mepet dan ga ada job sampingan saking iritnya saya dan dua teman kost yang senasib patungan beli dua nasi dengan tiga kerupuk dan sambel, nah tuh kerupuk dikremes-kremes campur tuh nasi diaduk juga sama sambelnya dan terakhir saya juga dua teman saya makan itu nasi campur krupuk dan sambel bareng-bareng (tapi berasa nikmat aja sih karena rasa kebersamaannya yang bikin nikmat makannya hehehe), juga saat sakit tanpa ada ortu yang ngerawat hanya ada diri sendiri (rasanya bener-bener deh, nyesek...) dan lain-lainnya deh, dan setelah luluspun tidak bisa langsung dapat kerja masih ada proses lagi yaitu melamar kerja! berhubung saat kuliah saya sering belajar otodidak desain grafis saya cobalah cari lowongan desain grafis, dan saya kirim deh tuh lamaran yang saya lihat di koran Kompas (bukan promosi yah, tapi ini koran yang setahu saya iklan lowongan kerjanya valid dan bukan lowongan kerja yang saat disamperin malah tu perusahaan yang minta duit dengan alasan jaminan agar bisa diterima kerja), saat itu saya kirim ke salah satu franchise salon anak untuk kerja di kantor pusatnya sebagai desainer dengan desk job bikin-bikin desain misal saat event-event atau promosi seperti bikin banner, leaflet, brosur, spanduk, dll, dan setelah sekitar 2 atau 3 minggu saya menunggu (selama menunggu itupun saya submit ke lowongan lain juga baik yang dari koran (jadi rajin beli koran hehe) maupun dari internet(jadi rajin ngeluyur malem alias bergadang diwarnet cari lowongan kerja)) pada akhirnya saya diterima di kantor pusat franchise salon anak itu, selama disana saya belajar banyak sekaligus bekerja disana selama beberapa bulan (6 atau 7 bulan kalau ga salah) tapi karena ada kekurang cocokan dengan yang ada disana saya pilih keluar dan akhirnya nganggur beberapa bulan cari lagi kerjaan sampai akhirnya dapat kerjaan lagi yang berhubungan dengan desain grafis yaitu sebuah studio video dan editing kecil-kecilan yang baru dibentuk dan setelah beberapa bulan "BUBAR!" hahaha, karena ketidak profesionalan manajemennya! nganggur lagi deh... nah setelah beberapa bulan lagi dengan selalu berusaha dan berdoa baru deh muncul titik terang bagai negara api menyerang (hahaha memangnya avatar) saya coba daftar disalah satu instansi yang lagi butuh banyak CPNS dengan ilmu komputer (ini ke-2 kalinya saya daftar di instansi itu setelah sebelumnya saat kuliah dengan berbekal ijazah SMA saya coba daftar dan gagal) dan akhirnya keterima dengan melihat pengumumannya dikoran dan... tunggu belum ternyata, setelahnya harus menunggu sekitar 4 atau 5 bulan baru benar-benar masuk! dan selama menunggu itu saya puas-puasin jadi pengangguran sejati! wkwkwkwk. Back to topic setelah long story diatas padahal bila mereka (beberapa teman SMA saya) memang ingin sukses, cobalah misal bekerja sambil kuliah (seperti yang saya lakukan sekarang melanjutkan dari D3 ke S1) berat memang tapi pasti ada hasilnya, atau pas SMA sudah tahu keadaan ortu pas-pasan yah cobalah belajar yang rajin siapa tahu nilai bagus dan dapat beasiswa! karena namanya hidup kita memang harus terus berusaha! memang ada beberapa teman yang hanya sampai SMA tapi sekarang lumayan sukses berkat keuletannya dalam berusaha, tetapi tidak semua... hanya mereka-mereka yang dapat terus menggenggam dan selalu berusaha mewujudkan impian, harapan dan cita-citanya yang dapat terus maju!

Pada intinya peganglah dengan teguh impian dan cita-citamu! janganlah tergoyahkan! fokus selalu! selamat menjalani hidup sobat, sukses selalu! :)



Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment

No Spam, ada spam saya hapus

Ping your blog in here